BUPATI TASIKMALAYA RESMIKAN RUMAH PINTAR PEMILU

Tanggal : 09 May 2017 19:48 Wib



Peran serta masyarakat dalam mengikuti Pemilihan Umum saat ini perlu ditingkatkan agar proses demokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan para pemimpin yang berkualitas sesuai keinginan masyarakat. Hal tersebut disampakan oleh Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang berlokasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tasikmalaya, Jl. Raya Pemda Bojongkoneng, Singaparna, Selasa  (9/5/17). Hadir pada acara tersebut Ketua KPUD Jawa Barat Dr. Yayat Hidayat, M.Si., Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat, para Komisioner KPUD Kabupaten Tasikmalaya, sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

   Bupati menambahkan, suara yang diberikan masyarakat dalam pemilu sangatlah berharga, karena nasib bangsa sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam pemilu.”Saat ini banyak ketidakpuasan disampaikan oleh masyarakat karena tidak puas terhadap kinerja pemimpin di sebuah daerah. Tetapi pada dasarnya peran aktif masyarakat pun perlu dipertanyakan, apakah mereka telah memberikan suaranya dalam pemilu sehingga dapat melahirkan pemimpin yang baik menurut pandangan mereka, “ ujar Bupati.

Bupati mengharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam menyosialisasikan pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam pemilu, termasuk didalamnya peran aktif para ulama agar mereka dapat menggerakan masyarakat untuk ikut dalam setiap perhelatan pemilu baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Senada dengan Bupati, Ketua KPUD Provinsi Jawa Barat Dr. Yayat Hidayat, M.Si mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pemilu yang semakin menurun perlu diantisipasi oleh penyelenggara pemilu khususnya KPUD agar terus meyosialisasikan setiap penyelenggaraan Pemilu kepada masyarakat. Dengan meningkatnya kuantitas partisipasi masyarakat, diharapkan kualitas demokrasi di Indonesia dapat meningkat.

Menurut Ketua  Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat, dengan berdirinya RPP diharapkan menjadi wadah pendidikan politik bagi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya. “ Dengan adanya wadah informasi tentang pemilu di satu tempat, seluruh elemen masyarakat dapat mengakses informasi pemilu dengan efektif dan efisien. Fasilitas yang ada di  RPP dilengkapi dengan informasi yang dapat yang menjelaskan gambaran umum tentang pemilu berupa alat peraga, ruang pamer, dan ruang konstitusi yang merupakan informasi tentang sejarah demokrasi di Indonesia, “ papar Deden.

Dengan hadirnya RPP, Deden berharap masyarakat akan teredukasi dan akan menyalurkan suaranya pada setiap hajatan pemilu, terutama dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni 2018.


Post Lainnya