BUPATI HADIRI KEGIATAN SILATURAHMI DENGAN PENDERITA PENYAKIT KATARAK

Tanggal : 09 May 2017 19:53 Wib



Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum menghadiri kegiatan silaturahmi dengan para penderita penyakit katarak yang telah berhasil disembuhkan melalui program operasi katarak bagi warga miskin dan kurang mampu yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya berlangsung di Oproom Setda Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (9/5/2017).

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya Ahmad Muchsin, S.H, M.M.,   Kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kab. Tasikmalaya, Kepala Bagian, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, penderita penyakit katarak di Kabupaten Tasikmalaya berjumlah tujuh ribu lebih dan semuanya tidak dapat sekaligus diberikan pengobatan. “Pemerintah hanya mampu berupaya melakukan bantuan pengobatan kepada sekitar dua ratus orang lebih per satu kali pengobatan, dan insyaalloh Tahun ini bisa bertambah lagi dengan menambahkan anggaran pengobatan bagi peserta penderita katarak”, tegas Bupati.

 

Bupati mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai bahaya datangnya penyakit katarak. “Tetap menjaga kesehatan dan ketahui gejala penyakit katarak sejak dini, kalau ada yang terkena penyakit katarak segera tangani dan obati ke dokter atau mendatangi puskesmas”, ucap Bupati.

 

Menurut Ahmad Mukhsin operasi katarak bagi warga miskin dan kurang mampu merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya. “Berdasarkan anggaran yang dimiliki tahun ini sebanyak 265 orang yang telah melakukan operasi, masyarakat merasa terbantu dengan adanya program operasi katarak bagi warga miskin dan kurang mampu, sebagian besar dari mereka sudah bekerja seperti biasanya,”ujar plt Kepala Dinas Kesehatan.

 

Ahmad Mukhsin menambahkan, Tahun 2018 Pemerintah  Kabupaten Tasikmalaya akan berupaya melakukan peningkatan jumlah peserta operasi katarak. “ditargetkan tahun depan pemerintah Kab. Tasikmalaya akan melakukan operasi katarak kepada 716 orang dengan memanfaatkan anggaran dari provinsi”, jelas Ahmad Mukhsin.

 

Manfaat dari operasi katarak dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, salah satunya Tarsu (65) warga Kp. Pagaden, Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu. Ia merasa terbantu oleh program operasi katarak dari pemerintah kabupaten Tasikmalaya. ”Terimakasih kepada bapak bupati, berkat  bantuan operasi katarak gratis akhirnya saya dapat melihat lagi dan bisa beraktifitas seperti biasanya”, ungkap Tarsu.

 


Post Lainnya