idende

POSYANDU BERPERAN DALAM TINGKATKAN ANGKA HARAPAN HIDUP

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Thursday, 05 October 2017 19:55

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat [UKBM] yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat. Posyandu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, terutama untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Peran Kerja Operasional [Pokjanal] Poyandu harus menjadi garda terdepan dalam pengentasan masalah kesehatan secara menyeluruh, terutama dalam upaya untuk meningkatkan harapan hidup masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Drs.H.Yusep Yustisiawandana, MM., saat membuka kegiatan pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang berlangsung di Hotel Mahkota Graha Tasikmalaya, Kamis [5/10/2017].

Dikatakan Yusep Yustisiawandana, Pokjanal Posyandu yang terdiri dari lintas sektor dan lintas program harus berkontribusi pada derajat kesehatan masyarakat. “Suatu negara dikatakan derajat kesehatannya baik jika memiliki angka harapan hidup yang baik. Saat ini angka harapan hidup di Kabupaten Tasikmalaya masih di bawah  70 tahun. Goalnya dari pertemuan kita sekarang adalah harus semakin berdampak baik terhadap harapan hidup masyarakat, dan semakin baiknya tingkat jaminan kesehatan masyarakat. “imbuhnya.

Plt. Kepala  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya menjelaskan, keberadaan seorang ibu dari saat hamil harus menjadi perhatian secara formal dari petugas kesehatan termasuk dari petugas posyandu. ”Jangan ada sekat antara para petugas  kesehatan di tengah masyarakat, samakan visi bahwa peningkatan derajat kesejahteraan kesehatan masyarakat itu lebih utama dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Angka kematian ibu dan anak harus ditekan semaksimal mungkin “, tegasnya.

Kegiatan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Tasikmalaya diikuti oleh      30 orang peserta, terdiri dari unsur Pokjanal Kabupaten Tasikmalaya, Pokjanal Kecamatan dan Pokjanal Desa, bertujuan  untuk meningkatkan komitmen Pokjanal agar tercipta penguatan peran Posyandu dan rencana tindak lanjut dengan dukungan anggaran yang memadai. ***

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id