idende

KESULTANAN OMAN AKAN BANGUN DERMAGA DI CIKALONG

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Thursday, 09 November 2017 10:51

Pemerintah Daerah Kabupaten  Tasikmalaya menyambut baik rencana pembangunan pelabuhan di Wilayah Selatan Kabupaten Tasikmalaya yang akan dibangun oleh investor dari Kesultanan Oman. Pelabuhan merupakan infrastruktur yang akan sangat membantu berlangsungnya aktivitas perekonomian di Kabupaten Tasikmalaya terutama dalam menunjang aktifitas ekspor berbagai macam produk dari Kabupaten Tasikmalaya dan wilayah disekitarnya. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Tasikmalaya H.Atik Sobari, SH, MH., mewakili Bupati Tasikmalaya saat menerima kunjungan Delegasi Tim Teknis Kesultanan Oman di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/11/17).

Atik menambahkan, rencana pembangunan pelabuhan di Kabupaten Tasikmalaya karena sumberdaya alam di Kabupaten Tasikmalaya sangat potensial untuk dikembangkan. “Kabupaten Tasikmalaya memiliki sumberdaya alam dan potensi perairan laut berada di wilayah selatan koridor jalan nasional jalur selatan yang dapat dikembangkan menjadi potensi investasi dengan potensi yang dimiliki mencakup sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kelautan, sektor pariwisata serta sektor pertambangan dan energi.

 Untuk merealisasikan proyek pelabuhan  ini Atik menjelaskan, ada beberapa aspek strategis yang perlu diperhatikan, antara lain,  perlunya studi kelayakan atau visibility studies untuk memastikan kelayakan proyek. “Proyek pelabuhan harus dikaji terlebih dahulu secara mendalam, dan harus ada koordinasi dengan Pemerintah Provinsi jawa Barat. Rencana pembangunan pelabuhan harus tercantum dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tasikmalaya dan RTRW Provinsi Jawa Barat. Merujuk Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa pengelolaan laut dengan batas wilayah 0 hingga 12 Mil menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi  Jawa Barat.  “jelas Atik.   

 Ketua delegasi tim  teknis kesultanan Oman Sayid Sultan Alhusaidi dalam sambutannya menuturkan pihaknya sangat optimis dengan rencana pembangunan pelabuhan dan investasi lainnya di Kabupaten Tasikmalaya. Ia sangat terkesan dengan sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakatnya yang sederhana dan sangat ramah.”Terimakasih atas penyambutan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kami sangat terkesan dan Insya Allah kami akan melakukan rencana proyek pembangunan di sini, “tutur Sayid. 

 Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Henry Nugroho  mengatakan,  pertemuan ini hasil tindak lanjut dari pertemuan pertama beberapa waktu lalu. Ada beberapa point yang akan dikerja samakan dengan negara Oman, diantaranya pembangunan pelabuhan di wilayah selatan, masalah pangan berupa hasil dari pertanian dan lainnya.

 Henry menuturkan, ada dua alternatif pelabuhan yang diajukan untuk dibangun, yaitu  pelabuhan Cimedang yang terletak di Desa Sindangjaya dan desa Kalapagenep Kecamatan Cikalong,  dan pelabuhan Pangkalan yang terletak di Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong.

 Dari sisi regulasi, Henry menjelaskan, rencana pembangunan pelabuhan sudah tercantum Dalam Peraturan Daerah (Perda) tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), kemudian akan  dimasukan dalam RTRW Kabupaten Tasikmalaya tahun 2018.

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id