idende

PEMKAB TASIKMALAYA MERIAHKAN HKN 2017

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Monday, 13 November 2017 19:24

Lebih dari 1.000 (seribu)  peserta yang terdiri dari masyarakat, dan  pegawai Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memeriahkan  kegiatan puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 yang berlangsung di Kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Sukapura, Bojongkoneng Singaparna, Minggu (12/11/17). Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum dan sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.  

Pada kesempatan tersebut Bupati membacakan Sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Farid Moeloek  yang pesannya antara lain mengatakan, Peringatan Hari Kesehatan Nasionala tahun 2017 mengangkat tema : “Sehat keluargaku Sehat Indonesiaku” sejalan dengan Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat mandiri untuk tetap hidup sehat.”Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan.lingkungan keluarga sehat menjadi dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku,dan gaya hidup yang sehat, “tutur Menkes.

Menkes menjelaskan,  Program Indonesia sehat merupakan regulasi di bidang kesehatan melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang pada dasarnya merupakan integrasi dari program-program kesehatan, baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target kepada keluarga berdasarkan dari data profil keshatan keluarga.

Menkes memaparkan,  sesuai dengan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang kesehatan, terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan setiap Kabupaten dan kota dengan tingkat pencapaian 100 %, sehingga jika pendekatan keluarga dilakukan dengan baik, maka dapat dipastikan dapat meningkatkan capaian keluarga sehat di Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Menkes menambahkan, pembangunan bidang kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektoral melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yaitu sebuah program yang melibatkan peran aktif dan kerjasama dari lintas sektoral dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat memebentuk masyarakat Indonesia yang kuat. ”Dengan mewujudkan Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan germas kemandirian keluarga sehat  dan masyarakat yang sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tinnginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional, “tandas Menkes.

Menurut Menkes, peringatan HKN merupakan momentum untuk meneguhkan komitmen, guna menggugah semangat kita semua agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam bidang kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, PLT. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Drs.H. Yusep Yustisiawandana,MM., dalam laporannya mengatakan, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga. “Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga, “ujar Yusep.

Menurut Yusep,  peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan untuk dapat merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa indonesia.”Sudah  sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, “ucap Yusep.

            Dalam memeriahkan peringatan HKN ke-53 Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya banyak melakukan kegiatan antara lain Pekan Olahraga dan Kesenian (Porkes), Seminar kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan, dan senam bersama dengan tujuan menyosialisasikan germas sebagai upaya awal peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id