idende

UPI LAKSANAKAN KKN DI KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Tuesday, 18 July 2017 07:39

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Kundang Sodikin, M.Si., menerima 243 orang peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya, Bojongkoneng Singaparna, Senin (17/7/217).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya dalam arahannya antara lain mengatakan, Mahasiswa KKN UPI diharapkan dapat mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat, dan dapat memeriahkan kegiatan-kegiatan yang ada di tengah masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sangat berharap mahasiswa dapat berperan serta aktif dalam kegiatan pembangunan di masyarakat perdesaan. Dalam waktu dekat Kabupaten Tasikmalaya akan mengadakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tasikmakaya ke-385, diharapkan partisipasi aktif mahasiswa dapat menyukseskan rangkaian acara tersebut, “ujar Kundang.

KKN UPI di Kabupaten Tasikmalaya berlangsung dari tanggal 12 Juli hingga 21 Agustus 2017 ,dilaksanakan di 5 Kecamatan yaitu di Kecamatan Rajapolah, Sukaresik, Bojonggambir, Pagerageung, dan Kecamatan Ciayong.

Menurut Kepala pusat pemberdayaan masyarakat kewirusahaan pengembangan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) UPI, Dra. Katiah M.Pd. Mahasiswa KKN UPI akan menjalankan program tematik Posdaya (Pemberdayaan Keluarga), pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan, dan tema mahasiswa terpadu dengan TNI. “Khusus untuk program tema mahasiswa terpadu dengan TNI, sebagian mahasiswa telah berada di lokasi KKN di Kecamatan Bojonggambir sejak awal Bulan Juli ini, “terang Katiah. Tujuan program tematik KKN mahasiswa UPI di Kabupaten Tasikmalaya menurut Katiah adalah agar mahasisiwa dapat belajar berinteraksi dengan masyarakat dalam rangka mengimplementasikan keilmuannya yang diperoleh di bangku kuliah. Nantinya setiap mahasiswa akan diwajibkan membuat laporan hasil kegiatan dalam bentuk seminar hasil kegiatan KKN.

Katiah menjelaskan, Program tematik KKN UPI sejalan dengan dinamika yang terjadi, baik pada tingkat masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun dunia global. “Dewasa ini program KKN UPI diarahkan menjadi KKN tematik berbasis pendidikan sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat dipandang oleh UPI sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetensi akademik, kewirausahaan, dan profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat, “jelas Katiah.

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id