idende

BUPATI TASIKMALAYA BUKA ACARA FESTIVAL LAYANG-LAYANG, BALAP DOMBA, BALAP KEBO

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Tuesday, 08 August 2017 04:31

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya memandang  sektor  Pariwisata merupakan salah satu penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang potensial dan tidak akan memberatkan masyarakat, namun sebaliknya akan memberikan efek positif kepada pertumbuhan perekonomian masyarakat. Penegasan tersebut diungkapkan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat membuka secara resmi acara Festival Layang-Layang, Kontes Domba Cantik dan Balap Kebo, di Lapang Pada Bumi Desa Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/8/2017).  Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto,S.IP.,  Kepala BAPPEDA, Staf Ahli Bupati, dan para Kepala SKPD di lingkungan Kab.Tasikmalaya, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Menurut Bupati Uu, dengan mengembangkan sektor  pariwisata,  hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan PAD tanpa membebani masyarakat.  “Kalau hanya meningkatkan PAD tetapi ujung-ujungnya masyarakat merasa diberatkan,  tidak ada artinya. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)  dapat  meningkatkan PAD tapi retribusi-retribusi yang lain dapat memberatkan  masyarakat. Dengan adanya pengembangan destinasi wisata Insya Alloh tidak memberatkan masyarakat, “ imbuh Bupati. Dijelaskan Bupati, dalam periode kedua kepemimpinan Uu Ruzahnul Umum dan Ade Sugianto tidak hanya mengutamakan pembangunan agribisnis, namun mulai menggali berbagai potensi wisata  sebagai salah satu andalan PAD dimasa yang akan dating.  “Di samping agrobisnis  juga ada wisata, Pemerintah Derah Kabupaten Tasikmalaya hari ini mulai menggali potensi-potensi wisata dan melakukan  promosi ke wilayah-wilayah yang ada di Jawa Barat,”  ujarnya.  

 Festival Layang-Layang, Kontes Domba Cantik dan Balap Kebo, yang digelar  dilapang Pada Bumi Desa Cimanuk Kec. Cikalong tersebut, terletak dipinggir pantai dan tidak jauh dari objek wisata Karang Tawulan. Objek wisata ini  merupakan salah satu daerah  yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang. “Tasikmalaya hari ini sedang mengembangkan dan menggali potensi-potensi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, termasuk wilayah Cimanuk khususnya pantai Pada Bumi,” tambah Bupati.

Terkait rencana pengembangan kawasan wisata di Cimanuk Kec. Cikalong, demikian kata Bupati Uu  Ruzhanul Ulum, dirinya memiliki cita-cita untuk membangun jembatan darat ke Nusa Kolotok dan  membuat sebuah tulisan “PANTAI  PADA BUMI”  yang menjadi icon atau land mark  kawasan wisata. Di samping itu juga akan menambah beberapa fasilitas penunjang lainnya untuk menarik perhatian wisatawan.  

Menurut  Bupati,  bagaimanapun hebatnya program pemerintah kalau tidak ada kerjasama yang baik dari masyarakat, program  wisata Kabupaten Tasikmalaya tidak akan sukses. “Saya minta bantuan dan dorongan dari masyarakat untuk suksesnya wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Karena sehebat apapun program pamarentah, ari masyarakatna teu hoyongeun mah, ari masyarakatna acuh, masyarakatna teu ngadorong, masyarakatna teu ngadukung, moal sukses program wisata di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Bupati.

Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan para peserta Fetival Layang-layang yang datang dari berbagai daerah seperti Bandung, Cilacap, Solo, dan beberapa daerah lain. “Tanpa anda laut pantai Pada Bumi tidak akan indah, tanpa anda kami tidak akan melihat Kebo. Ada kebo  yang bule, ada yang hitam, dan tanpa ada para peserta Domba Cantik,  pantai atau lapang Pada Bumi tidak akan semarak seperti ini. Saya selaku Bupati dan atas nama Pemerintah Daerah ‘ngahaturkeun nuhun ka akang-akang sadaya, euceu, ibu sadaya anu hadir’ dalam rangka memeriahkan Kabupaten Tasikmalaya menjelang destinasi wisata,”ungkapnya.  

Diakhir sambutan, Bupati mengingatkan dan berpesan kepada seluruh jajaran  Pemerintah Daerah  untuk menyosialisasikan jargon “Tasik Siap” dalam setiap kesempatan. “Saya minta kepada para Kepala Desa dalam setiap sambutan sampaikan kepada masyarakat tentang  jargon “Tasik Siap” dan jawab Insya Alloh. Kepala Dinas, Badan, Kantor, dalam setiap sambutan termasuk para Camat jangan lupa jawabnya Insya Alloh,” pungkas Bupati.   Usai meresmikan acara  Festival Layang-Layang, Kontes Domba Cantik dan Balap Kebo,  Bupati didampingi  Wakil Bupati  dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya serta tokoh masyarakat mengunjungi stand pameran warga sekitar, dilanjutkan pengibaran bendera start balap domba dan balap kebo. ****

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id