idende

BUPATI TASIKMALAYA LUNCURKAN PROGRAM SIRESIK

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Tuesday, 08 August 2017 11:22

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Umum secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rujukan Efektif Selamatkan Ibu dan Keluarga (SIRESIK) ditandai dngan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kab.Tasikmalaya Hj. Lina Marlina Ruzhan yang hadir mendampingi Bupati, disaksikan Plt.Kadis Kesehatan Drs. H.Yusep Yustiawandana, MM,  Asisten Pemerintahan Setda Kab.Tasikmalaya, Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Fraksi PPP H. Cecep Nurulyakin, para tamu undangan dan masyarakat, Jum’at (4/8/2017) di Lapang Lodaya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.

SIRESIK merupakan  layanan bidang kesehatan yang berbasis Teknologi Informasi, sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengupayakan pengendalian Usia Harapan Hidup (UHH) terutama dalam pengendalian kematian Ibu dan Bayi di Kab.Tasikmalaya; “Layanan Siresik, merupakan suatu layanan berbasis Teknologi Informasi yang merupakan bagian dari implementasi Tasik Siap, dalam menjawab salah satu permasalahan kesehatan terutama dalam mengendalikan jumlah kematian ibu dan bayi”, ujar Bupati.

Untuk memastikan layanan ini berfungsi dengan baik dan benar-benar telah siap digunakan, Bupati melakukan simulasi aplikasi dengan call centre di Pusat Layanan SIRESIK yang berhasil memberikan layanan informasi tentang ketersediaan fasilitas kesehatan serta kesiapan tindakan yang dibutuhkan dalam penanganan kegawatdaruratan kesehatan.

Dengan memanfatkan aplikasi SIRESIK, masyarakat yang dirujuk oleh fasilitas kesehatan di daerah akan mendapatkan kepastian tentang fasilitas kesehatan yang tersedia dan tindakan-tindakan yang telah dipersiapkan. Pasen yang dirujuk tidak perlu mencari sendiri ketersediaan fasilitas kesehatan yang dapat berakibat terhadap kesehatan dan keselamatan.

Bupati mengimbau masyarakat melalui para Camat dan para Kepala Desa yang turut hadir untuk melakukan imunisasi bagi anak usia 9 Bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun ditempat pelayanan imunisasi yang sudah disediakan Pemerintah selama Bulan Agustus dan September 2017; “Selanjutnya saya mengintruksikan kepada orang tua yang memiliki anak usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun, untuk datang ke tempat pelayanan Imunisasi pada Bulan Agustus dan September 2017”, tegas Bupati.

 

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan imunisasi terhadap beberapa bayi dan anak sekolah sebagai tanda pencanangan kampanye imunisasi Measless Rubela di Kab.Tasikmalaya oleh petugas kesehatan yang disaksikan langsung oleh Bupati dan para tamu undangan yang lainnya.

Add comment

Security code
Refresh


Pengelola:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya

Komplek Perkantoran Jl.Sukapura II Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 

Telp 0265 - 546431 Fax : 0265-  546 432

Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id