BUPATI TASIKMALAYA MONITORING KESIAPAN MENJELANG IDUL FITRI 1440 HIJRIYAH

  • Written by HelpDesk-Kominfo1
  • Tuesday, 04 June 2019 09:07



Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP meninjau secara langsung pos jalur mudik dalam rangka monitoring kesiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah berikut memberikan bingkisan berupa sembako untuk petugas jaga Pos Penjagaan dan Pengaturan (Pos Gatur). Pengecekan dilakukan di Pos Gatur Tapal Kuda Tenjowaringin dan Pos Gatur Cipasung Ukhuwah Singaparna, Senin (03/06/2019). Turut mendampingi Bupati yaitu, Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si, Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, S.ik, Danlanud Letkol Pnb M. Pandu Adi Shubrata, SH, para Kepala SKPD, dan Diskominfo Kab. Tasikmalaya. 

Dalam wawancara terpisah, Bupati mengatakan pengecekan dilaksanakan dalam rangka untuk memastikan pelaksanaan mudik di Kabupaten Tasikmalaya berjalan lancar dan aman. "Yang pertama untuk memastikan mudik pada tahun ini berjalan lancar. Yang kedua juga kita harapkan dengan kewaspadaan harus kita antisipasipasi semuanya, juga mudah-mudahan dalam keadaan aman. Yang kalau lihat hari ini alhamdulillah sepertinya kita tidak terlalu menumpuk ya sehingga tingkat kecelakaanpun mudah-mudahan tidak ada. Kalaupun ada satu dualah yang kecelakaan tunggal  tetapi itu hanya sebatas luka. Mudah-mudahan sampai dengan besok kita dalam keadaan lancar," kata Bupati setelah mengecek Pos Gatur Tapal Kuda Tenjowaringin.

Kemudian Ade menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan mudik tahun ini. "Yang kedua kita bangga sebagai aparat Pemerintah dengan aparat TNI Polri yang bertugas disertai juga dengan para relawan-relawan, dan kesiapan Pemerintah yang ada, dari kesehatan, dari BPBD, dan yang lebih menggembirakan saya adalah gotong royong dan kontribusi  warga masyarakat yang secara sukarela para Kepala Desa dengan pemantau Pak Camat juga UPTD insya Allah mulai besok akan ber gotong royong dengan ngaliwet bareng. Bagi kita itu bukan ngaliwetnya tetapi kebersamaannya, yang hari ini menurut saya ada hal positif yang saya apresiasi," ujar Ade.



Terkait bingkisan yang diberikan kepada petugas Pos Gatur, Bupati berkata hal tersebut semata-mata sebagai sebuah apresiasi dan jaga-jaga apabila ada kesulitan. "Ya sebatas cinderamata saja, bukan cinderamata apa sedikit buat makanan kecil bekal di posko untuk kesulitan dan lain sebagainya, itu kira-kira itu," ucap Bupati.

Ade dan rombongan akan mengunjungi beberapa Pos Gatur dari mulai daerah utara sampai daerah selatan. "Inikan kalau Kab. Tasikmalaya ada dua wilayah hukum ya, hari ini kita ke jalur Tasikmalaya Garut ini, kemudian juga ke jalur  utara ke Ciawi dan juga ke selatan karena selatan juga cukup rame menjelang lebaran terutama wisata kalau disana," imbuhnya.



Terakhir, Bupati menyampaikan kabar baik untuk para pemudik yang mengalami masalah di perjalanan seperti kecelakaan insya Allah akan ditanggung Pemerintah Kab. Tasikmalaya sampai dengan H+7. "Kab. Tasikmalaya selama masa arus mudik dan arus balik sampai dengan H+7, Pemerintah Kab. Tasikmalaya akan membantu pembiayaan dengan kata lain mudah-mudahan bisa digratiskan begitu kira-kira. Sebagai bantuanlah dari Pemerintah Kabupaten terhadap kelancaran dan juga permasalahan warga masyarakat terutama yang mengalami kesulitan atau kecelakaan, mudah-mudahan gak ada. Di Kab. Tasikmalaya aja untuk semua warga termasuk wartawan ya kalau ada," tegas Ade.