idende

KEBAKARAN PASAR MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Written by WebAdmin-EK
  • Friday, 24 March 2017 13:13

Kebakaran Pasar Manonjaya di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. terjadi pada hari Selasa, (14/3/2017) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Akibat kebakaran itu kerugian ditaksir hingga mencapai miliaran rupiah. Hampir seluruh pemilik kios tak berhasil menyelamatkan barang dagangannya akibat api cepat menyebar dan meratakan bangunan semi permanen tersebut.

Salah seorang petugas UPT Pasar Manonjaya, Yadi mengatakan terdapat 432 pedagang yang berjualan di 387 lapak kios di sana. Adapun jumlah PKL-nya mencapai 185 orang. Kepala Kepolisian Resor Kota Tasikmalaya Arif Fajarudin belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran yang melanda Pasar Manonjaya, tersebut, dan dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari salah satu kios pasar. "Belum bisa menyimpulkan penyebabnya apa, tetapi kita sudah koordinasi dengan damkar Kota Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota, serta mobil water canon kami untuk memadamkan api. Kita akan selidiki lebih lanjut apakah ini kebakaran karena kesengajaan atau korsleting listrik," ujarnya di lokasi kebakaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs.Heri Sogiri,MM mengungkapkan, dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Heri memastikan tidak ada upaya sabotase meskipun isunya tahun ini Pasar Manonjaya akan direlokasi.

Saat kejadian berlangsung, Heri memastikan ada petugas pengamanan pasar, dan pasar dalam kondisi terkunci. "Tidak ada itu sabotase. Ini murni musibah. Kebakaran hebat terjadi karena angin besar, kemudian merembet, kalau gosip relokasi itu tidak benar. Kita saja lokasi relokasi belum punya, tidak tahun ini," kata Heri. Atas kejadian tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya menggelar musyawarah dengan pengurus paguyuban pasar dan pemilik kios, bertempat di Aula Kecamatan Manonjaya pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017.

Hadir pula pada musyawarah tersebut Kepala BPBD Kab Tasikmalaya, Camat Manonjaya dan Muspika Kecamatan Manonjaya serta pihak dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang..Dari hasil pertemuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan membuatkan kios darurat untuk pemilik kios bertempat di Alun-alun Kecamatan Manonjaya.

Add comment

Security code
Refresh

 
Pengelola:
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya
Jl.Sukapura III Komplek Perkantoran Sukapura  Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 
Telp 0265 - 546432 Ext.103     Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id
Jam Operasional 
Senin - Kamis  Pkl.07.45 - 14.45 WIB Istirahat Pkl.12.00-12.30 WIB
Jumat  Pkl.07.45 - 15.15 WIB Istirahat Pkl.11.30 - 12.30 WIB