OPEN HOUSE DAN HALALBIHALAL TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA 2019

  • Written by HelpDesk-Kominfo1
  • Wednesday, 12 June 2019 17:36

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Open House dan Halalbihalal tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019 Pendopo Baru, Rabu (12/06/2019). Bupati H. Ade Sugianto, S.IP membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Turut menghadiri Open House dan Halalbihalal tersebut, Ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si, para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Tasikmalaya Hj. Ai Diantani Sugianto, SH., M.Kn, Diskominfo Kab. Tasikmalaya, Kepala Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya, perwakilan Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Kab. Tasikmalaya, perwakilan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

Bupati menyampaikan, kegiatan ini untuk memudahkan saling bermaaf-maafan sehingga dapat kembali fitri (suci). “Dosa manusia kepada sesamanya dalam suasana Idul Fitri harus dapat dihapuskan dengan cara saling memaafkan dalam hubungannya dengan sesama manusia (hablumminannas). Kegiatan tersebut teraktualiasikan melalui budaya Halalbihalal yang telah meluas di seluruh masyarakat kita. Demikian halnya dengan kita yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, tentulah akan sering berinteraksi yang secara sengaja maupun tidak sengaja bisa menimbulkan kesalahan sehingga Bersama-sama melakukan halalbihalal agar mempermudah saling memaafkan sehingga semuanya kembali fitri baik habluminallah dan habluminannas,” kata Ade dalam sambutannya.

Ade mengimbau agar seluruh aparatur dapat menguatkan rasa kebersamaan untuk mencapai tujuan Kab. Tasikmalaya yang adil dan Makmur. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa kebersamaan sebagai aparatur Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk melaksanakan tugas-tugas pelayanan umum yang senantiasa akan saling terkait antar SKPD. Saya tidak henti-hentinya mengimbau dan meminta kepada seluruh aparatur Pemkab Tasikmalaya untuk terus memupuk dan meningkatkan rasa kebersamaan guna melaksanakan tugas yang tidak ringan namun sangat mulia ini, yakni mewujudkan cita-cita mulia mewujudkan masyarakat Kab. Tasikmalaya yang adil dan Makmur,” ucap Bupati.


Bupati menegaskan agar seluruh aparatur di lingkungan Pemkab Tasikmalaya senantiasa meningkatkan semangat untuk berprestasi. “Tugas-tugas kita ke depan makin berat, meskipun telah banyak prestasi yang kita capai namun masih banyak pula program-program yang harus kita selesaikan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu kita tidak boleh terlena dengan prestasi-prestasi tersebut, justru harus bisa meningkatkan semangat untuk tetap berprestasi. Salah satu syaratnya adalah dengan menjaga rasa kebersamaan,” tegas Ade dalam sambutan kegiatan Open House dan Halalbihalal tersebut.

Ade mengajak seluruh aparatur untuk selalu optimis sehingga berbagai tugas sebagai pelayan masyarakat dapat terselesaikan dengan baik. “Kita optimis dan yakin dengan kebersamaan yang baik sebagaimana telah kita tunjukan selama ini, maka kita akan dapat menyelesaikan tugas-tugas kita sebagai aparatur Pemkab Tasikmalaya maupun sebagai pelayan masyarakat di Kab. Tasikmalaya,” ajak Bupati.

Sementara itu dalam wawancara terpisah usai acara, Ade mengungkapkan kegiatan ini lebih kepada menjaga silaturahim dan sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat agar tercipta Kab. Tasikmalaya yang nyaman, aman, dan kondusif. “Yang pertama halalbihalal ini sebagaimana tadi disampaikan adalah akhir dari segala kegiatan amaliah kita di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, yang kedua melestarikan budaya kita bahwa halalbihalal ini program (budaya) Indonesialah, yang ketiga tentu ini sebetulnya silaturahim yang kita beri judul halalbihalal, bagaimana kita ingin mempersiapkan. Tadi juga disampaikan kita persaudaraan harus lebih baik tapi bersaudara harus kita lebih diutamakan lagi. Mempererat tali silaturahim di antara kita semua di antara segala lapisan warga masyarakat ini, kami pemerintahan juga dengan warga Bersama-sama kita membangun Kab. Tasikmalaya yang lebih maju, lebih kondusif, lebih aman, dan lebih nyaman. Genah, merenah, dan tumaninah insya Allah dengan jalan silaturahim,” imbuh Bupati.

Dalam kegiatan Open House dan Halalbihalal ini, Pemerintah Kab. Tasikmalaya menginisiasi deklarasi damai anti kekerasan dan kerusuhan bersama berbagai unsur organisasi. Ade menegaskan Kab. Tasikmalaya tidak mentolerir segala bentuk kekerasan dan kerusuhan dari pihak manapun dan mengimbau untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Yang pertama kita sebagai warga negara yang sadar hukum, warga negara yang mencintai kedamaian, persaudaraan di antara kita, syukur alhamdulillah di Kab. Tasikmalaya ini kita telah melaksanakan agenda utama pilpres dan pileg, dimana pada saat pileg dan pilpres tersebut dibuka peluang oleh negara oleh Undang-Undang kita untuk bersama-sama bisa berbeda, perbedaan ini tentu dalam kerangka persatuan. Jangan sampai pada saat kta sudah selesai dan alhamdulillah baik ini, oknum orang-orang yang tidak senang kebersamaan yang telah kita bangun bersama-sama. Dengan ini maka pemerintah juga seluruh warga masyarakat di Kab. Tasikmalaya menolak siapapun dari unsur manapun dari siapapun jangan ada kekerasan dan kerusuhan. Bahwa kita bisa bersilaturahim, kita bebas berpendapat dan berbicara tetapi dalam kerangka memegang norma serta menghormati hukum yang berlaku di Indonesia, saya kira itu,” tegas Bupati usai kegiatan. Kegiatan dilanjutkan dengan musafahah dan diakhiri dengan makan bersama.