idende

PEMKAB TASIKMALAYA GELAR PKBN BAGI WARGA KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Written by HelpDesk-Kominfo1
  • Monday, 01 April 2019 11:58

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya adakan Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Kabupaten Tasikmalaya, upacara pembukaan digelar di Lapangan Upacara Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Senin(1/04/2019). Plh. Sekretaris Daerah Drs. Iin Aminudin, M.Si bertindak selaku inspektur upacara, dan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala Dinas/Badan/Kantor dan Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, tamu undangan lainnya, serta peserta Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara.
Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plh. Sekretaris Daerah Drs. Iin Aminudin, M.Si mengatakan, kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Kabupaten Tasikmalaya didasari amanat Undang-undang Dasar 1945 perubahan keempat menyatakan bahwa pada pasal 30 ayat 1 “Tiap-Tiap Warga Negara Berhak Dan Wajib Ikut Serta Dalam Pertahanan Dan Keamanan Negara”. Ayat 2 “Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara”.
“Kegiatan ini dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,” ujar Bupati.
Mempertahankan kemerdekaan terletak pada bersatu padunya kekuatan rakyat dan kekuatan unsur dari POLRI dan TNI dalam pelaksanaanya sistem yang dikenal dengan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta yang bertahan hingga sekarang. “Pelaksanaan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta di latar belakangi oleh perjalanan sejarah Bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, salah satu faktor penting dalam revolusi kemerdekaan tahun 1945,” kata Bupati.
Bupati Tasikmalaya mengemukakan maksud dan tujuan Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Kabupaten Tasikmalaya. “PKBN dimaksudkan untuk meningkatkan dan memantapkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran bela negara, dengan tujuan agar nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” tuturnya.
Bupati berharap dengan dilaksanakannya kegiatan PKBN, dapat terlahirnya kader bela negara di Kabupaten Tasikmalaya. “Dengan PKBN, semoga kesadaran bela negara di Kabupaten Tasikmalaya akan tumbuh khusunya yang berasal dari anggota SATLINMAS,” katanya.


Ade Sugianto optimis semangat bela negara akan menajadi kekuatan yang dasyat apabila diikat dalam tali persatuan Indonesia. “Sejarah sudah membuktikan, dengan persatuan Indonesia, semua ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dihadapi bangsa dapat dilalui dan dihadapi bersama-sama. Mengalahkan para penjajah dengan kekuatan kebersamaan dan gotong royong serta semangat bela negara yang tinggi,” cetusnya.
Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menanamkan semangat bela negara, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya untuk tahun depan akan terus berupaya meningkatkan Kegiatan Bela Negara untuk masyarakat sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara khusunya di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “Mari kita bangun sinergi secara bersama-sama untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan kesejahteraan bangsa,” tuturnya.
Pada Upacara Pembukaan Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Kabupaten Tasikmalaya, dilakukan penandatangan naskah serah terima peserta dan penyerahan atribut Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN) oleh Plh. Sekretaris Daerah Drs. Iin Aminudin, M.Si kepada perwakilan TNI dan SATLINMAS.

Add comment

Security code
Refresh

 
Pengelola:
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya
Jl.Sukapura III Komplek Perkantoran Sukapura  Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 
Telp 0265 - 546431 Ext.0     Email : diskominfo[at]tasikmalayakab.go.id
Jam Operasional 
Senin - Kamis  Pkl.07.45 - 14.45 WIB Istirahat Pkl.12.00-12.30 WIB
Jumat  Pkl.07.45 - 15.15 WIB Istirahat Pkl.11.30 - 12.30 WIB