SOSIALISASI PROGRAM SIRESIK DINAS KESEHATAN KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Written by Web Support 1 (AM)
  • Wednesday, 24 May 2017 13:58

Dalam rangka peningkatkan pelayanan di bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Rujukan Efektif untuk selamatkan Ibu dan Keluarga (SIRESIK) berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel City Kota Tasikmalaya. Hadir pada kesempatan tersebut Kabid Pelayanan di RSUD Cibinong dr. Hj. Fusia Mediawaty, M.H. Kes,. ,Camat Se-Kabupaten Tasikmalaya, Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Kantor BPJS Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya dr. Hj. Ratih Tedjasukmana mengatakan tujuan mensosialisasaikan Sistem Informasi Rujukan Efektif untuk Selamatkan Ibu dan Anak (SIRESIK) dan Call Center untuk memberikan bantuan bagi rujukan pasien gawat darurat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “Siresik ini terdiri dari tiga komponen program penyelamatan Ibu dan bayi baru lahir di wilayah Kabupaten Tasikmalaya,  yaitu pertama penguatan tata kelola klinis dan sudah mulai dilaksanakan di RS SMC Kabupaten Tasikmalaya dan di 6 Puskesmas diantaranya Puskesmas Rajapolah, Puskesmas Karangnunggal, Puskesmas Sodonghilir, Puskesmas Sukarame dan Sukaraja, kedua penguatan sistem rujukan yang efektif dan efisien dengan menggunakan sistem informasi rujukan menggunakan TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi), ketiga penguatan akuntabilitas masyarakat dengan mengadakan Forum Masyarakat Madani ”, ucap dr.Ratih.

Menurut dr. Ratih program Siresik ini sudah berlangsung sejak Tahun 2016 yang bertujuan untuk melayani semua kategori dan kasus rujukan, baik rujukan terencana maupun rujukan gawat darurat. “ Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten tasikmalaya , telah memulai program Siresik dengan menyiapkan Call Center yang beroperasi 24 Jam non stop 7 hari seminggu, terdiri dari 8 Bidan dan 1 tenaga Informasi Teknologi (IT) untuk memfasilitasi proses rujukan dari Fasilitas Kesehata Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik, Rumah Bersalin ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat Lanjut ( FKRTL)”, ucap Kepala bagian Kesda. dr. Ratih berharap Program SIRESIK dapat terlaksana agar pemanfaatan Sistem Informasi Rujukan Kegawatdaruratan dapat dirasakan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “ Mudah-mudahan adanya program ini dapat melayani semua kategori dan kasus rujukan dan mampu memfasilitasi laporan kegawatdaruratan di tingkat masyarakat melalui Call Center”, tegas dr. Ratih.  

 
 
 
 
Pengelola:
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya
Jl.Sukapura III Komplek Perkantoran Sukapura  Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 
☏ Telp 0265 - 546432 Ext.103    ✉ Email : dishubkominfo@tasikmalayakab.go.id
Jam Operasional 
Senin - Kamis  Pkl.07.45 - 14.45 WIB Istirahat Pkl.12.00-12.30 WIB
Jumat  Pkl.07.45 - 15.15 WIB Istirahat Pkl.11.30 - 12.30 WIB