Mengenal Kesenian Bangca dari Desa Bojongsari Culamega

  • Written by Web Support 2 (EL)
  • Wednesday, 07 November 2018 09:46

 

Bojongsari-culamega.sideka.id (03/11/2018) – Bangca atau Nerebang di Penca, Nerebang atau dalam bahasa Indonesia artinya bermain musik dan Penca yang berarti tarian. Jadi dapat disimpulkan bahwa Bangca atau nerebang penca adalah suatu kesenian bermain alat musik yang diiringi oleh tarian, akan tetapi tidak hanya itu untuk melengkapinya Bangca juga di iringi oleh juru kawih (penyanyi).

Alat Musik Terebang

Tidak adanya kesenian khas daerah dan hiburan untuk masyarakat menjadi gagasan untuk beberapa tokoh adat di Desa Bojongsari menghasilkan satu kesenian khas daerah yang disebut Bangca. Bangca dimainkan dengan menggunakan alat musik yang disebut Terebang, dimainkan oleh 5 orang penabuh, 1 orang juru kawih (penyanyi) dan beberapa orang penari. Pak Usuf salah seorang tokoh adat mengungkapkan “Memainkan kesenian Bangca itu lebih banyak orang yang mainnya, akan lebih rame dan mengasyikan”.

Jika dulu Bangca menjadi primadona hiburan di masyarakat, berbeda halnya dengan sekarang, Bangca hanya bisa disaksikan pada acara acara tertentu saja seperti menyambut tamu kehormatan desa, serta acara resmi lainnya. Dikarenakan kurangnya dukungan dari segi sarana prasarana, generasi muda yang sudah tidak tertarik dengan kesenian tradisional dan kurangnya sosialisasi tentang kesenian ini, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya.

Saat Mewawancarai Tokoh Adat

Pak Usuf Salah seorang tokoh adat sekaligus pemain kesenian Bangca berharap, Bangca bisa dibangkitkan lagi, didukung dari segi sarana prasarana dan sosialisasi pentinggnya tentang menjaga kesenian tradisional supaya ada penerus lagi.

Sumber : http://bojongsari-culamega.sideka.id/2018/11/04/mengenal-bangca-kesenian-khas-dari-desa-bojongsari/

 
 
Pengelola:
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya
Jl.Sukapura III Komplek Perkantoran Sukapura  Bojongkoneng Singaparna Tasikmalaya 
☏ Telp 0265 - 546432 Ext.103    ✉ Email : diskominfo@tasikmalayakab.go.id
Jam Operasional 
Senin - Kamis  Pkl.07.45 - 14.45 WIB Istirahat Pkl.12.00-12.30 WIB
Jumat  Pkl.07.45 - 15.15 WIB Istirahat Pkl.11.30 - 12.30 WIB